Jumat, 10 Desember 2021 09:20 WIB

Lutung Jawa di Kabupaten Bekasi Terancam Punah Akibat Menyusutnya Lahan Mangrove

Editor : Yusuf Ibrahim
Lutung Jawa. (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com-Habitat hewan primata Lutung Jawa di Desa Pantai Bahagia, Kecamatan Muaragembong, Kabupaten Bekasi, terancam punah akibat menyusutnya lahan pohon mangrove yang menjadi salah satu sumber makanan dan tempat mereka hidup.

Wakil Ketua Kelompok Sadar Wisata Desa Pantai Bahagia Ahmad Qurtubi mengatakan, menyusutnya lahan pohon mangrove membuat habitat lutung semakin berkuran setiap tahunnya.”Karena ada pembukaan lahan tambak,” katanya, Jum'at (10/11/2021).


Menurut dia, luas lahan pohon mangrove yang menjadi habitat sebanyak 100 ekor hewan bernama ilmiah Trachypithecus Auratus itu saat ini hanya tersisa 14 hektare dari semula 40 hektare.

”Kalau sekarang di utara sekitar lima sampai tujuh hektar, di selatan juga sama. Total tinggal 14 hektare yang tersisa. Kalau dulu sekitar tahun 1980 luas habitat lutung jawa di Kampung Muara Bendera ini lebih dari 40 hektare,” ucapnya. 

Qurtubi mengaku satu kelompok kecil lutung jawa terdiri atas tujuh sampai 10 ekor. Idealnya sekelompok kecil hewan itu membutuhkan 12 hektare lahan untuk mereka bertahan hidup.”Itu berdasarkan hasil studi banding kami ke pemerhati primata di Ciwidey Bandung,” ucapnya.

Sekretaris Desa Pantai Bahagia itu juga menyebut selain berkurangnya habitat, populasi lutung Jawa ikut terancam akibat perburuan yang semakin masif padahal hewan itu termasuk katagori dilindungi oleh pemerintah.

”Perkiraan saat ini di utara ada 55 ekor, di selatan 40 ekor. Populasinya bertambah lima sampai enam ekor setiap tahun di dua lokasi itu sejak 2013. Sebelumnya hanya sekitar 20 sampai 30 ekor. Perburuan selalu jadi momok tapi kita selaku pegiat lingkungan bersama warga akan terus menjaganya,” ungkapnya.

Keberadaan lutung jawa di wilayahnya masih menjadi daya tarik wisatawan hingga saat ini. Sayangnya hal itu tidak didukung dengan legalitas dan fasilitas yang memadai. ”Pertama harus ada penetapan wilayah konservasi lutung dan habitatnya, kedua infrastruktur harus dibangun untuk mendukung target kawasan wisata edukasi,” tegasnya.(kah)


0 Komentar