Rabu, 18 Oktober 2023 14:38 WIB

Megawati Deklarasikan Ganjar-Mahfud untuk Pilpres 2024 saat Jokowi di China

Editor : Yusuf Ibrahim
Deklarasi Ganjar-Mahfud. (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com- Menko Polhukam Mahfud MD telah dideklarasikan sebagai calon wakil presiden (cawapres) pendamping bakal calon presiden (bacapres) Ganjar Pranowo untuk Pilpres 2024.

Pengumuman Mahfud MD sebagai cawapres pendamping Ganjar digelar hari ini saat Presiden Joko Widodo (Jokowi) masih kunjungan kerja ke China. Adapun pengumuman Mahfud sebagai calon RI-2 tandem Ganjar disampaikan oleh Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri di Kantor DPP PDIP, Jalan Diponegoro, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (18/10/2023).

"Dengan mengucapkan bismillahirrahmanirrahim maka calon wakil presiden yang dipilih PDIP yang akan mendampingi Ganjar Pranowo adalah Prof Mahfud MD," ujar Megawati di DPP PDIP, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (18/10/2023).

Hadir para pimpinan partai pendukung, Ketua Umum Partai Perindo Hary Tanoesoedibjo (HT), Ketua Umum PPP Muhamad Mardiono, dan Ketua Umum Partai Hanura Oesman Sapta Odang (OSO).

Hadir juga Ketua Tim Pemenangan Nasional Ganjar Presiden (TPN GP) 2024 Arsjad Rasjid, serta sejumlah elite partai pendukung seperti Puan Maharani, Muhammad Prananda Prabowo, Tuan Guru Bajang (TGB) Zainul Majdi, Hasto Kristiyanto, Arwani Thomafi, dan Ahmad Rofiq. 

Sementara itu, Presiden Jokowi melakukan kunjungan kerja ke China sejak Senin, 16 Oktober 2023. Hari ini merupakan hari ketiga Jokowi di China. Jokowi melanjutkan rangkaian kunjungan kerja hari ketiganya di Beijing, China, pada Rabu (18/10/2023).

Kegiatan pertama yang akan dilaksanakan Presiden Jokowi adalah menghadiri Upacara Pembukaan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-3 Belt Road Forum (BRF) di Great Hall of The People, Beijing. Masih di lokasi yang sama, Presiden Jokowi akan bertemu dan menghadiri jamuan makan siang bersama Chairman of the National People’s Congress.

Sementara itu, Ibu Negara Iriana akan ikut serta dalam rangkaian program pendamping KTT ke-3 BRF mengunjungi China National Arts and Craft Museum untuk melihat kesenian dan kerajinan tangan khas Negeri Tirai Bambu tersebut. Pada sore harinya, Presiden Jokowi akan menghadiri High-Level Forum and Thematic Forum Event: Connectivity in an Open Global Economy yang akan diselenggarakan di China National Convention Center, Beijing.

Setelahnya, Presiden Jokowi dan Ibu Iriana akan melanjutkan rangkaian kunjungan kerjanya dengan bertolak ke Riyadh, Kerajaan Arab Saudi dari Beijing Capital International Airport.(fik)


0 Komentar