Kamis, 02 Juni 2016 13:28 WIB

BI Rapat Koordinasi dengan Menteri dan Kepala Daerah

Editor : Rajaman
Laporan: Ryan Suryadi

JAKARTA, Tigapilarnews.com - Bank Indonesia (BI) menggelar rapat koordinasi dengan pemerintah pusat dan pemerintah daerah membahas perkembangan smart city di Indonesia, di Gedung BI, Kamis (2/6/2016).

Rapat tersebut beragendakan 'Peningkatan Daya Saing Kawasan Perkotaan sebagai Pengerak Ekonomi Regional'.

Rapat koordinasi ini dihadiri oleh Gubernur Bank Indonesia (BI) Agus Martowardojo, Menteri Perdagangan (Mendag) Thomas Lembong, Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara, dan Menteri Perencanaan dan Pembangunan Nasional (MenPPN/Bappenas) Sofyan Djalil.

Selain dihadiri para menteri, hadir juga beberapa perwakilan kepala daerah seperti Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) dan Wali Kota Makassar Mohammad Ramdhan 'Danny' Pomanto.

Direktur BI, Agus Martowardojo mengatakan, untuk mengembangkan kota-kota di Indonesia menjadi smart city atau kota pintar dibutuhkan masterplan terlebih dahulu. Setelah masterplan atau rencana pembangunan smart city rampung, maka perlu diintegrasikan dengan pengembangan teknologi informasi.

"Indonesia membutuhkan masterplan untuk pengembangan smart city, bukan hanya secara fisik mempersiapkan rencana ke depan tapi bagaimana mengembangkan teknologi informasi," ucap Agus.

Pengembangan infrastruktur perkotaan untuk menjadi smart city juga dibutuhkan alokasi anggaran agar dapat terwujud dengan cepat.
0 Komentar