Kamis, 09 Juni 2016 18:39 WIB

KLHK Gelar Pameran Pekan Lingkungan Hidup dan Kehutanan ke-20

Editor : Hermawan
Laporan: Hendrik Simorangkir

JAKARTA, Tigapilarnews.com - Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) menggelar pameran Pekan Lingkungan Hidup dan Kehutanan ke-20 di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta.

Pameran ini merupakan rangkaian kegiatan dalam peringatan Hari Lingkungan Hidup sedunia, yang diperingati setiap tanggal 5 Juni. Pekan lingkungan hidup yang dibuka Wakil Presiden Jusuf Kalla ini mengusung tema: ‘Selamatkan Tumbuhan dan Satwa Liar untuk Kehidupan’.

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar menjelaskan tema tersebut dipilih untuk mendorong masyarakat untuk lebih peduli melawan dan mencegah segala bentuk kejahatan dan peredaran ilegal terhadap tumbuhan dan satwa liar.

"Tumbuhan dan satwa adalah dua unsur penting penunjang kehidupan sebagai penyeimbang siklus karbon, menjaga regenerasi hutan dan penyeimbang ekosistem kehidupan," ujar Siti saat memaparkan laporannya di hadapan Wapres Jusuf Kalla dan para tamu undangan, Kamis (9/6/2016) siang.

Menurut Siti, selain sebagai sarana pembinaan masyarakat melalui kampanye dan pendidikan lingkungan, kegiatan ini bertujuan meningkatkan kesadaran masyarakat pada aspek pelestarian hutan, perbaikan lingkungan hidup dan peningkatan nilai ekonomi yang dihasilkan dari pengelolaan sumber daya alam dalam berbagai produk yang ramah lingkungan.

"Gelaran ini bertujuan meningkatkan kesadaran masyarakat akan lingkungan hidup. Diharapkan, gelaran ini diadakan akan semakin mempercepat terwujudnya lingkungan yang bersih dan jika ada pencemaran pun dapat diawasi secara bersama dan ditindak tegas," jelas Siti.

 
0 Komentar