Kamis, 02 Maret 2017 11:09 WIB

Pasca Kericuhan, Empat Napi Lapas Jambi Kabur

Editor : Sandi T
Lapas Jambi dibakar. (ist)

JAMBI, Tigapilarnews.com - Pasca kericuhan dan pembakaran di dalam Lapas Kelas II A Jambi, Rabu malam (1/3/2017), empat narapidana (napi) diketahui melarikan diri.

"Memang benar ada empat orang napi atau tahanan di dalam Lapas Jambi dikabarkan berhasil kabur pasca kejadian kericuhan semalam dan diperkirakan mereka kabur pada Kamis pagi sekitar pukul 05.00 WIB," kata Kakanwil Kemenkumham Jambi, Bambang Palasara kepada wartawan di Jambi, Kamis (2/3/2017).

Saat ini napi yang kabur tersebut sudah diburu oleh pihak kepolisian dan petugas lapas Jambi. Dalam hal ini, mereka berharap kepada pihak keluarganya untuk melaporkan keberadaan para napi kabur tersebut kepada pihak lapas atau kepolisian.

Sementara itu dari data yang berhasil dihimpun kempat napi atau tahanan yang kabur tersebut merupakan kasus narkoba berinisial AT (38), JH (35) dan MB (26). Satu napi lainnya saat ini belum dapat diketahui identitasnya.

Kaburnya empat napi atau tahanan lapas Jambi itu sekira pukul 05.00 WIB di mana setelah kejadian itu pihak kepolisian yang berjaga-jaga masih mencari keberadaan empat tahanan tersebut.

"Mengenai kaburnya tahanan itu, kita juga telah berkoordinasi dengan pihak kepolisian untuk mencari tahu keberadaan mereka," tandas Bambang.

Saat ini pasca kejadian semalam, situasi di dalam Lapas Jambi telah aman dan kondusif. Namun, polisi dan TNI masih terus berjaga-jaga.

Sebelumnya, kericuhan telah terjadi di Lapas Klas II A Jambi, Rabu (1/3/2017) sekitar pukul 21.00 WIB. Narapidana melakukan pembakaran salah satu ruangan di dalam lembaga pemasyarakatan itu.

Polisi dan anggota TNI saat itu langsung turun mengepung lapas tersebut untuk mencegah para narapidana kabur. Ratusan personel Kepolisian dari Polda dan jajaran serta anggota TNI diturunkan untuk berjaga.

Sempat terdengar beberapa kali suara tembakan ke udara oleh polisi yang berjaga di lokasi kejadian. Hingga Rabu tengah malam, situasi di Lapas Kelas II A Jambi disebut masih menegangkan.

Kepulan asap dari dalam komplek Lapas akibat aksi pembakaran beberapa ruangan di dalam lapas Jambi membumbung tinggi. Beberapa orang dievakuasi karena terluka, namun belum jelas napi atau petugas.

Narapidana dan tahanan wanita dievakuasi dari dalam lapas dibawa dan ditempatkan sementara di rumah tahanan milik Imigrasi Jambi

Seorang anggota polisi dievakuasi dari dalam lapas karena terluka dan dilarikan ke rumah sakit.

Selama lebih dari dua jam, situasi masih mencekam. Napi yang berada di dalam Lapas masih terus melawan dengan membakar ruangan lainnya. Tujuh mobil pemadam kebakaran diturunkan untuk memadamkan api.

Kakanwil Kemenkumham Jambi, Bambang Palasara, Kapolda Jambi Brigjen Pol Yazid Fanani, Dandrem 042 Gapu Kolonel Inf Reflizal dan Walikota Jambi, SY Fasha Kapolresta Jambi Kombes Pol Bernard Sibarani trun langsung dan berusaha untuk menenangkan napi.

sumber: antara


0 Komentar