Kamis, 09 Maret 2017 15:02 WIB

Warga Mengeluh Soal Air Asin Buat Wudu di RTH Kalijodo

Reporter : Ryan Suryadi Editor : Hermawan
Tempat wudu di RTH Kalijodo airnya asin, Kamis (9/3/2017). Foto: Ryan.

JAKARTA, Tigapilarnews.com - Sejumlah warga mengeluhkan rasa air asin saat berwudu maupun sekadar cuci muka di Ruang Terbuka Hijau (RTH) Kalijodo, Penjaringan, Jakarta Utara.

Sebab, air asin memiliki efek terhadap kulit muka yang perih dan lengket ketika mengenai kulit.

"Airnya asin bangat kayak air laut. Enggak enak banget buat kumur-kumur saat wudu, udah gitu perih d imuka," ungkap Wahyudi (47), salah seorang warga Tangerang, Kamis (9/3/2017). 

Wahyudi mengatakan, tidak hanya air di musala yang terasa asin, tapi di toilet pun sama asin. Dia sangat menyayangkan kondisi air asin lantaran berbahaya bagi kulit maupun mata.

"Ya, kan kadang kalau habis jalan-jalan di sini RTH panas keringetan panas otomatis kita kan cuci muka biar jadi seger, tapi kalau airnya asin begini malah makin kering nih muka, Jadi kami  kan kurang nyaman padahal RTH sudah bagus banyak, yaa semoga dapat dibenahi lah," ucapnya.

Sodik, seorang petugas kebersihan RTH Kalijodo menduga air asin tersebut karena lokasi RTH Kalijodo  tidak jauh dari pantai dan galian sumur yang dijadikan sumber air tidak begitu dalam.

"Kalau di sini (RTH) untuk sumber air dari tanah harus digalinya dalam banget minimal 30 meter agar tidak asin, kalau RTH ini kayaknya cuman 10 meter saja," tutur Sodik.

Sodik mengatakan sudah banyak sekali warga yang berkunjung komplain kepadanya dan menanyakan ihwal air asin tersebut. 

"Ya, pengunjung banyak yang tanya ke saya kok airnya asin ya, ya jadi enggak nyaman sebenarnya berkunjung ke sini,” pungkasnya.

 


0 Komentar