Jumat, 10 Maret 2017 08:59 WIB

Pemkab Bogor Akan Bangun Gedung Parkir Tegar Beriman

Editor : Yusuf Ibrahim
Ilustrasi gedung parkir. (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com- Pemkab Bogor akan membangun gedung parkir di ruas Jalan Raya Tegar Beriman, Cibinong, Kabupaten Bogor.

Ini dilakukan agar tak ada lagi masyarakat yang memarkirkan kendaraan bermotor mereka di bahu jalan.  Pasalnya, akibat banyaknya parkir liar di lokasi tersebut kerap terjadi kemacetan parah.

Sekretaris Daerah Kabupaten Bogor, Adang Suptandar, mengatakan keberadaan gedung parkir di ruas jalan tersebut sudah menjadi kebutuhan. 

Selain untuk mengatasi masalah yang sering dikeluhkan masyarakat yakni kemacetan akibat banyaknya kendaraan roda dua maupun roda empat parkir sembarangan, juga sebagai upaya menciptakan budaya tertib berlalu lintas.

“Jalan Raya Tegar Beriman yang memiliki empat jalur itu sudah sejak lama ditetapkan sebagai kawasan tertib lalu lintas. Maka dari itu, membangun gedung parkir merupakan salah satu cara menciptakan budaya tertib berlalu lintas,” kata Adang kepada wartawan, Kamis (09/03/2017).

Adang menambahkan, dengan adanya fasilitas parkir yang disediakan, diharapkan dapat menciptakan budaya tertib lalu lintas. Masyarakat yang memiliki keperluan ke instansi atau perusahaan berada di Jalur Tegar Beriman itu nantinya merasa aman dan nyaman bagi para pengguna jalur lambat. 

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Bogor, Syarifa Sofiah, mengungkap tahapan fasilitas gedung parkir kawasan Tegar Beriman sudah rampung. “Saat ini feasibility study (FS) fasilitas gedung parkir sudah selesai. Diharapkan dalam waktu dekat Detail Engineering Design (DED) yang masih dalam proses pembahasan diharapkan selesai juga,” ungkapnya.

Menurut Syarifah fasilitas parkir yang dibangun nanti dapat mengatasi permasalahan maraknya parkir liar di jalur lambat.

“Jadi dari hasil kajian FS yang sudah diselesaikan dan DED-nya, gedung parkir di kawasan Tegar Beriman sangat memungkinkan untuk dibangun, hanya saja dalam penempatan bangunan fasilitas parkir berbayar itu masih perlu pembahasan lanjut,” jelasnya.(exe/ist)


0 Komentar